Kumpulan Informasi Smartphone dan Laptop Terbaru

Aug 25

LeapBand, Perangkat Wearable Imut untuk Anak

Perangkat wearable tak hanya milik orang-orang dewasa saja. Perusahaan yang memproduksi berbagai peralatan anak, LeapFrog, membuat perangkat wearable seperti smartwatch berbentuk imut yang dikhususkan untuk anak-anak. Teknologi Terbaru
LeapBand, Perangkat Wearable Imut untuk Anak
Perangkat wearable tersebut bernama LeapBand, memiliki bentuk seperti jam tangan dengan berbagai pilihan warna dan desain imut untuk anak. Perangkat ini berguna untuk membuat anak menjadi aktif serta menuruti perintah orang tua.

Berdasarkan keterangan dari situs resminya, LeapBand memiliki delapan karakter hewan peliharaan virtual yang bisa dipelihara, diajak bermain, atau diberi makan. Persis seperti game yang pernah populer di era 90-an; Tamagochi. Orang tua bisa mengatur tugas-tugas yang mesti dilakukan si anak untuk diselesaikan. Jika tugas-tugas tersebut selesai dikerjakan, anak akan mendapat poin di LeapBand. Poin tersebut bisa digunakan untuk membuka karakter hewan peliharaan lain untuk dimainkan.

LeapBand dihargai tidak mahal, hanya USD40 atau sekira Rp460 ribu (kurs Rp11.545 per USD) dan mulai dipasarkan pada Agustus 2014 mendatang. Namun untuk pre-order sudah dibuka. Sayangnya, perangkat wearable untuk anak-anak ini sudah ludes dipesan para orang tua.

Aug 20

Pelanggaran Paten, Samsung Bayar USD120 Juta

Samsung dikabarkan melanggar paten smartphone dan pengadilan San Jose, Amerika Serikat memutuskan perusahaan asal Korea Selatan tersebut harus membayar USD120 juta. Angka ini jauh lebih kecil daripada tuntutan Apple sebelumnya. Teknologi Indonesia
Pelanggaran Paten, Samsung Bayar USD120 Juta
Dilansir Theguardian, Sabtu (3/5/2014), Apple mengajukan tuntutan bahwa Samsung Galaxy SIII menyontek teknologi buatan Apple. Kabarnya, Apple meminta agar penjualan Samsung dilarang di AS dan perusahaan harus membayar USD2 miliar.

Pengadilan setempat memutuskan bahwa Samsung harus membayar USD120 juta. Beberapa paten yang dimenangkan Apple antara lain, teknologi pencarian universal.

Samsung membantah melakukan pelanggaran paten dan pada Jumat, pengadilan menemukan bahwa Samsung juga melanggar dua hak paten Apple. Pertarungan paten dua perusahaan ini sudah dimulai sejak tiga tahun lalu.

Beberapa kalangan menganggap, Apple menuntut Samsung lantaran sistem operasi Android tumbuh pesat, sebagai pesaing dari perangkat berbasis iOS buatan Apple. Seperti diketahui, Samsung merupakan pengadopsi OS Android terbesar di dunia.

Aug 15

Microsoft Tambal Celah Keamanan di Windows XP

Microsoft dilaporkan akan memberikan pembaruan sistem untuk melakukan pengamanan terhadap ‘sistem operasi Windows XP’. Perusahaan asal Redmond itu menambal celah keamanan pada browser di Windows XP. Informasi Penting
Microsoft Tambal Celah Keamanan di Windows XP
Browser Internet Explorer 6 beberapa hari lalu dikabarkan mengalami peretasan oleh penjahat siber. Peretas membobol komputer melalui web browser Internet Explorer 6 (IE 6) dan kemudian mengambil alih akses komputer yang dijalankan dengan OS Windows XP. Untuk menanggulangi masalah tersebut, Microsoft dengan segera akan merilis penambalan sistem keamanan pada IE 6.

Rupanya perusahaan besutan Bill Gates itu belum benar-benar tega melihat sistem operasi buatannya diserang oleh para penjahat siber. Pasalnya Microsoft masih peduli pada sistem keamanan di IE 6, yang mana paling banyak dijalankan di komputer bersistem operasi Windows XP. 

Seperti diketahui, pada 8 April 2014 lalu, Microsoft sudah menelantarkan OS Windows XP dengan tak lagi memberikannya dukungan keamanan.

Melansir Ubergizmo, kendati Microsoft masih melakukan perbaikan pada web browser Internet Explorer 6, perusahaan yang sekarang ini diketuai oleh Satya Nadela tersebut menyarankan pengguna Windows XP untuk bermigrasi ke OS yang lebih baru. Berdasarkan laporan, komputer yang masih menjalankan Windows XP hingga saat ini sekira 25 persen di seluruh dunia.

Aug 10

75% Bahan Tinta Printer dari Plastik Daur Ulang

Perusahaan komputer, Hewlett Packard (HP), meningkatkan kontribusinya dalam penyelamatan lingkungan dengan menciptakan bahan kartrid tinta buatannya 75 persen dari plastik daur ulang. Berita Terbaru
75% Bahan Tinta Printer dari Plastik Daur Ulang
Gantungan baju (hanger) dari toko pakaian sering dibuang begitu saja oleh pembeli, dan campuran yang kompleks pada plastik membuat perusahaan daur ulang sulit memprosesnya kembali.

"Namun, melalui proses yang dipelopori HP dan mitra daur ulangnya, gantungan (baju) diurai dan dimasukkan ke dalam jalur produksi," kata HP, seperti dikutip Antara.

Memasukkan gantungan baju dan botol-botol minuman ke dalam proses produksi, HP membutuhkan riset dan uji coba selama beberapa tahun.

Mendaur ulang botol plastik untuk membuat kartrid tinta sedang dirintis oleh HP. Mengubah botol plastik yang biasanya berisi minuman lezat menjadi kartrid tinda tidaklah mudah, meskipun keduanya dirancang sama-sama untuk wadah.

Menurut HP, pengguna kartrid tinta HP tidak perlu khawatir dengan kartrid berbahan plastik daur ulang karena kualitasnya sama dengan yang bukan berbahan plastik daur ulang.

Kartrid tinta berbahan plastik daur ulang tidak sekedar memanfaatkan sampah tapi juga menghasilkan jejak karbon yang lebih rendah.

Proses ini menggunakan 54 persen lebih sedikit bahan bakar fosil, dan telah memanfaatkan 566 juta kartrid tinta bekas sejak 1991, 1,1 juta pound hanger sejak Oktober 2013, dan 2,5 miliar botol minuman bekas sejak 2005.

Sekarang HP sudah memproduksi lebih dari 2 miliar kartrid tinta dan toner dengan bahan daur ulang. “Kami terus mengkaji serta memperbaiki proses ini. Ini semua bagian dari komitmen kami untuk kemajuan lingkungan,” kata HP.

Aug 05

Orang Indonesia Senang Belanja Ponsel Murah

Pengamat gadget di Indonesia, Teguh Prasetya, mengatakan bahwa kebanyakan orang Indonesia memiliki perilaku konsumtif yang senang membeli ponsel dengan harga murah. Ini dikarenakan faktor harga dan kualitas pada ponsel yang dinilai cukup ekonomis. Klik Disini
Orang Indonesia Senang Belanja Ponsel Murah
Menurut Teguh, orang Indonesia cenderung membeli ponsel berharga murah dengan spesifikasi yang cukup mumpuni, kendatipun ponsel tersebut bukanlah merek ponsel terkenal di dunia, melainkan merek lokal. 

"Kenapa Smartfren itu laris, karena mereka punya ponsel dengan spesifikasi bagus dan harganya murah," kata Teguh kepada Okezonebeberapa waktu lalu menyontohkan ponsel lokal Smartfren sebagaismartphone murah yang cukup mumpuni.

Value for money, jadi orang itu lebih memilih ponsel berharga murah dengan nilai kualitas yang tinggi. Buat apa beli ponsel mahal-mahal kalau ada spesifikasi yang sama dan harganya lebih murah?,” lanjutnya. 

Teguh berpendapat, memilih ponsel berdasarkan kemampua yang dimilikinya lebih baik ketimbang melihat berdasarkan harga.

Oleh karena itu banyak produsen ponsel, terutama lokal, yang berlomba-lomba menghadirkan perangkat dengan harga yang semakin miring. Mengingat perilaku konsumen di Indonesia menyenangi membeli ponsel berharga murah.

Jul 25

Dell Ungkap Laptop & PC AIO Baru

Dell, produsen komputer mengungkap kehadiran laptop Inspiron dan PC all-in-one (AIO) terbaru. Laptop Inspiron baru ini hadir dengan pilihan layar 14, 15 dan 17 inci. Handphone Komputer
Dell Ungkap Laptop & PC AIO Baru
Perusahaan asal Amerika Serikat ini juga mengungkap PC desktop AIO dengan ukuran layar 20 dan 23 inci. Seri Inspiron 5000 diperkuat dengan prosesor Intel Core generasi keempat (i-series) dengan Intel HD Graphics 4200/4400.

Dilansir Tomshardware, Minggu (4/5/2014), Dell menyediakan opsi untuk CPU Core i34020U, Core i3-4030U, Core i5-4210U atau Core i7-4510. Perusahaan juga mengungkap tipe PC yang didukung dengan kekuatan grafis AMD Radeon HD R7 M265 2 GB untuk model 14 dan 15 inci.

Selain itu, Dell juga memberikan opsi kemampuan grafis Nvidia GeForce 820M atau 840M 2 GB khusus untuk model Inspiron 5000 17 inci. Model 14 dan 15 inci hadir dengan dukungan dual channel RAM hingga 16GB.

Namun, model 17 inci hanya bisa di-upgrade hingga RAM 8GB. Pengguna bisa menyimpan berbagai macam data atau file di laptop berfitur layar sentuh ini melalui storage internal 500GB.

Jul 20

Xperia XX, Smartphone Android KitKat Kamera 12MP

Sony kabarnya akan meluncurkan Sony Xperia Z2 Compact. Handset ini merupakan model Xperia Z2 dengan bodi lebih mini. Teknologi Terbaru
Xperia XX, Smartphone Android KitKat Kamera 12MP
Dilansir Phonesreview, Minggu (4/5/2014), tampaknya Sony akan merilis Xperia Z2 Compact di Jepang. Namun, sebelum ponsel tersebut benar-benar diluncurkan secara resmi, muncul di internet sebuah konsep ponsel baru yang dinamakan Sony Xperia XX.

Desain Sony Xperia XX terasa mirip dengan Xperia Z2. Desainer yang mengerjakan konsep ponsel ini ialah Janish Kolakkattil, yang sebelumnya telah memberikan gambaran seperti apa bentuk fisik Sony Xperia N1.

Pada gambar desain buatan Janish ini, terlihat smartphone buatan Sony dengan layar sentuh 4,5 inci (resolusi 720p). Perangkat anyar dengan prosesor quad core Snapdragon 801 ini dilengkapi RAM 2GB.

Selain itu, informasi yang beredar juga menyebutkan, Xperia XX memiliki storage yang bisa diperluas hingga 16GB, kamera 12MP dengan fitur LED flash. Smartphone yang didukung OS Android 4.4.2 (KitKat) ini dapat menangkap video Full HD (30 frame per detik).

Belum diketahui spesifikasi lebih rinci dan berapa banderol perangkat smartphone terbaru ini. Namun, serupa dengan model smartphone Xperia premium buatan Sony, Xperia XX memiliki fitur anti air dan anti debu.

Jul 15

Sony Umumkan Bundling PS4 dengan Game FIFA 14

Sony Computer Entertainment Hong Kong Limited (SCEH) cabang Singapura hari ini mengumumkan bundling PlayStation 4 “FIFA 14” yang tersedia sejak 1 Mei 2014. Konsol game generasi terbaru ini dijual dengan harga Rp7.199.000. Teknologi Indonesia
Sony Umumkan Bundling PS4 dengan Game FIFA 14
Melalui keterangan resmi yang diterima, Senin (5/5/2014), produk bundling ini termasuk sistem hiburan komputer PlayStation 4, software PS4 dengan judul “FIFA 14”. Pembeli juga mendapatkan satu bulan keanggotaan PlayStation Plus dan satu tahun perpanjangan layanan garansi.

Game “FIFA 14” menyediakan berbagai pertandingan seru dengan inovasi yang menginspirasi penggemarnya melalui lapangan sepakbola dalam permainan dan menentukan tempo permainan. Rasakan sensasi getaran saat menendang bola dalam permainan FIFA 14. 

Jelajahi fitur baru seperti Pure Shot dan perubahan fisik bola ketika ditembak dan membuat setiap tembakan terasa memuaskan. Rasakan kegembiraan ketika pemain Anda terhubung dengan serangan yang sempurna, dan meningkatkan permainan Anda hingga Anda dapat bersaing di tingkat legendaris.     

Beberapa fitur permainan yang disediakan antara lain, FIFA Ultimate Team serta Career Mode, Skill Games. Dengan banderol Rp7,199 juta, pembeli mendapatkan sudah mendapatkan perangkat konsol beserta satu controller nirkabel DualShock 4, kabel HDMI, kabel USB, game FIFA 14, serta Mono Headset. (

Jul 10

Bocoran Fisik iPhone 6 Nongol di YouTube

Kabar mengenai smartphone terbaru buatan Apple telah beredar sejak beberapa bulan lalu. Informasi terbaru mengungkap desain iPhone 6, yang muncul dalam sebuah video di YouTube. Informasi Penting
Bocoran Fisik iPhone 6 Nongol di YouTube
Dalam video berdurasi kurang dari satu menit tersebut, terlihat perbandingan antara iPhone 6 dengan iPhone 5S. Sumber yang membocorkan informasi tersebut ialah Macitynet.it dan diunggah oleh akun ConceptsiPhone.

Dilansir Phonesreview, Minggu (4/5/2014), smartphone yang ditampilkan pada video ini memiliki posisi baru pada letak tombol volume dan tombol power. Diyakini sebagai iPhone 6, handset ini memiliki layar 4,7 inci.

iPhone 6 dikabarkan tampil dengan layar lebih besar daripada versi sebelumnya. Selain itu, bodi ponsel terbaru ini juga tampak lebih ramping.

Video ini telah disaksikan oleh lebih dari 80 ribu pemirsa di YouTube. Anda yang penasaran, bisa menyaksikan video berdurasi 57 detik tersebut melalui.

Jul 08

Ilmuwan Bikin Bahan Bakar Jet Berbasis Solar

Ilmuwan mengklaim mampu menciptakan bahan bakar jet dari solar (tenaga matahari). Untuk pertama kalinya, teknologi ini memungkinkan penciptaan energi yang lebih ramah lingkungan. Berita Terbaru
Ilmuwan Bikin Bahan Bakar Jet Berbasis Solar
Dilansir Gizmodo, Senin (5/5/2014), bahan bakar jet ini menggunakan energi matahari, air dan karbondioksida. Pada dasarnya, proses ini menghasilkan bahan bakar dari udara (thin air).

Teknologi ini memungkinkan pembuatan energi terbarukan untuk kendaraan transportasi seperti pesawat terbang, mobil dan lain-lain. Ilmuwan Eropa menerapkan simulasi untuk menciptakan energi inovatif tersebut.

Ilmuwan melibatkan simulasi sinar matahari pada suhu hampir 1.300 derajat Fahrenheit, mengonversi dan memisahkan air serta karbondioksida ke dalam gas sintetis. Gas ini berasal dari hidrogen serta karbon monoksida.

Gas sintetis ini bisa berubah menjadi minyak tanah. Ilmuwan mengembangkan temuannya ini selama empat tahun di bawah proyek SOLAR-JET. 

Kabarnya, ilmuwan baru mampu membuat satu botol bahan bakar jet surya, tetapi pengembangan berikutnya diharapkan mampu menghasilkan lebih banyak bahan bakar jet bertenaga matahari. 

Ilmuwan berusaha menyempurnakan teknologi untuk menghasilkan bahan bakar jet 20 ribu liter per hari. Jika para peneliti dapat melakukannya, maka mobil, pesawat dan kendaraan lainnya akan jauh lebih bersih serta murah.